Selasa, 22 Juni 2010

HINDARI PAKAIAN KETAT DIMUSIM PANCAROBA




Kesehatan Kulit , hindari Pakaian Ketat dimusim Pancaroba

Sinar matahari tak selamanya berdampak positif terhadap kesehatan,karena sinar matahari juga dapat menyebabkan dampak negatif, terutama untuk kecantikan dan pertumbuhan pada kulit kita. Apalagi saat musim-musim pancaroba seperti sekarang ini. Cuaca yang sering berubah-ubah secara dratis, kadang panas, lalu tiba-tiba mendung lalu hujan.

Sinar matahari memiliki dampak negatif, ketika terik-panasnya mampu masuk ke pori-pori kulit. Hampir 90% dari gejala yang terkait dengan kulit penuaan dini dikarenakan oleh sinar ultraviolet (UVA atau UVB) yang berasal dari matahari. Sinar ini mempercepat proses penuaan yang merusak kolagen dan elastin di bawah kulit.

Bagi sebagian orang, terlalu banyak terkena sinar matahari juga dapat mengakibatkan alergi pada kulit, seperti muncul bintik-bintik. Biasanya sering ditemukan di berbagai bagian tubuh seperti wajah, kaki, tangan, dll. Bintik-bintik ini umumnya berkembang pada kulit yang terkena cahaya matahari secara langsung. Karena itu, bagi Anda khususnya kaum Hawa yang selalu ingin tampil cantik, jagalah kemulusan kulit Anda dengan tetap memakai pelembab dalam keadaaan cuaca apapun.

Menurut para ahli kesehatan dan kecantikan, jika saat musim panas, hal yang harus diperhatikan adalah agar menjaga kulit tetap lembab. Karena jika tidak maka bisa saja berbagai penyakit kulit akan datang seperti gatal-gatal, eksim, kurap dan ganguan kulit lainnya.

Saat ini banyak ditawarkan produk-produk kecantikan yang berguna menjaga kulit tetap lembab dan sehat, akan tetapi tidak semua bisa sesuai dengan jenis kulit. Misalnya, obat untuk penyakit kulit eksim belum tentu sama obatnya yang harus dipakai orang lain sekalipun penyakitnya sama. ”Untuk memastikan obat yang sesuai dengan kulit seseorang harus diperiksa dulu. Karena itu datanglah ke dokter kulit,”

Demikian juga dengan body lotion, tidak semua jenis kulit bisa cocok, tergantung dengan kondisi kulit masing-masing si pemakai. ”Misalnya body lotion yang harum bisa cocok untuk anda, namun jika dipergunakan ke kulit orang lain, juga belum tentu hasilnya akan seperti yang anda rasakan”

Nah, cara yang paling baik untuk menghindari penyakit kulit dari kekeringan atau agar kulit tetap lembab adalah dengan memakai sun block,maka tak ada salahnya jika kita selalu menyediakan krim ini saat akan bepergian. Selain itu jangan lupa menyiapkan lap keringat, agar krim yang dipakai bisa langsung dibersihkan dan tidak basah. Hal ini untuk menghindari agar kulit tidak terkena jamur.

”Jangan lupa juga membawa lap kecil di dalam tas atau di mana saja, itu berguna untuk membersihkan bagian-bagian yang basah khususnya saat cuaca panas di mana kita lebih sering berkeringat,”
Hindari Sinar Matahari Langsung

Salah satu tindakan yang dapat kita lakukan agar kulit tetap sehat adalah dengan menghindari kontak langsung dengan teriknya sinar matahari. Jadi lebih baik dengan menggunakan topi ataupun payung.”Intinya sih hindari agar sinar matahari terkena langsung ke kulit. Dan tidak kalah penting yakni banyak minum air putih”
Tak hanya cuaca panas, kulit juga sangat rentan terhadap cuaca lembab, atau saat hujan. Di mana pada saat seperti ini, kulit akan lebih cenderung sering basah. Maka dari itu, seringlah untuk membersihkan dan mengeringkan kulit Anda agar tetap terawat.

Sementara itu, bagi kaum Hawa, pakaian serba ketat adalah hal yang sudah biasa, hampir semua kaum wanita keluar memakai pakaian ketat, mulai dari tshirt atau kemeja bahkan celana jeans.

Padahal, dengan kondisi cuasa seperti ini, memakai pakaian ketat dapat menyebabkan sirlulasi udara menjadi terganggu. Kondisi ini dapat menyebabkan kulit menjadi lebih berkeringat. ”Sebaiknya pakai pakaian yang longgar atau tidak terlalu sempit lah. Pakaian yang sempit dapat memicu luka pada kulit”

Tips Menjaga Kulit Sehat

Bagi Anda yang memiliki balita, ataupun anak-anak, selalu waspadalah dan kontrol kesehatan kulitnya. Karena kulit anak-anak sangat rawan terhadap beberapa penyakit yang berasal dari adanya perubahan cuaca. Jika kulit anak selalu berkeringat, sebaiknya jangan dibiarkan begitu saja, apalagi sampai keringat tersebut mengering.

Pasalnya, jika keringat mengering, maka dapat menyebabkan tertutupnya pori-pori kulit. ”Kalau anak kita berkeringat, sebaiknya dibersihkan dengan kain basah khususnya di bagian-bagian lipatan kulit seperti kaki, tangan, leher dan lainnya. Ini membantu agar kotoran tidak menempel di kulit”

Terakhir tips untuk menjaga agar kulit tetap sehat yaitu dengan mandi minimal dua kali sehari, gunakan sabun mandi yang sehat, usahakan tidak memakai pakaian ketat serta gunakan sun block pada siang hari. Semoga dengan tips ini dapat membantu anda terutama kulit anda terhindar dari penyakit .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar