Senin, 20 Desember 2010

Bersepeda untuk kegiatan sehari-hari



Jika anda pernah mendengar motto : “ Men sanna in corpora sanno “ yang berarti : “ Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula “ , maka lewat tulisan sederhana ini saya ingin mengajak anda untuk lebih peduli akan kesehatan dan kebugaran tubuh , ini sesuai dengan motto diatas karena jika tubuh kita sehat makan jiwa kita akan sehat pula.
Dan jika kita menyadari hal tersebut , ditengah kesibukan kehidupan dan kondisi alam yang semakin rapuh, penuh polusi, dan kita pada akhirnya sering melupakan apa yang namanya berolah-raga ; maka dengan mengingat hal diatas maka perlulah dari kita mulai meluangkan waktu dalam perminggunya untuk sekedar menggerakkan badan dan berolah raga dengan tujuan mengeluarkan racun-racun dan kotoran dalam tubuh kita melalui keluarnya keringat , disamping melatih otot-otot dan urat syaraf agar terbiasa bergerak .
Salah satu olahraga yang sangat amat didengungkan dikota –kota besar saat ini adalah bersepeda ; sehingga mulai banyak klub-klub sepeda yang bermunculan ; diantara Bike To Work ; Bike to Campus ; Bike to School , Bike Commuter, dan lain-lain.
Bersepeda mempunyai manfaat yang besar ; diantaranya adalah sebagai berikut :
1.                 1.  Menyehatkan dan menjaga kebugaran tubuh ; karena sisitim metabolism dalam tubuh kita akan bekerja   dengan baik manakala kita melakukan olahraga  bersepeda.
2.                 2.    Mengurangi pulusi ; bersepeda bila dilakukan tiap hari apalagi untuk kekgiatan bekerja,sekolah,kuliah, dan lain-lain , otomatis akan mengurangi populasi pemakaian kendaraan bermotor yang notabene mengeluarkan polusi sisa pembakaran dari asap knalpotnya. Sehingga semakin banyak orang bersepeda dalam melakukan rutinitasnya tiap hari , maka akan semakin berkurang pemakaian kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor ; dan pada akhirnya akan semakin berkurang polusi udara yang ditimbulkan dari asap kendaraan bermotor tersebut.
3.                   3. Efisiensi ekonomi ; hal ini jelas karena dengan bersepeda makan pengeluaran untuk biaya pembelian bensin atau bahan bakar bagi kendaraan bermotor kita akan mulai terkurangi , jadi kita akan lebih irit.
4.                     4. Ada semboyan  satu mobil sama dengan tujuh sepeda , dengan semakin banyak orang melakukan kegiatan kesehariannya dengan bersepeda , maka kemacetan lalu lintas juga akan berkurang ; beban jalan raya juga akan berkurang dan hal ini akan berdampak efisiensi umur jalan.
5.                   5.   Sepeda itu anti mogok karena banjir ; disebagian kota besar yang sering dilanda banjir apabila musim penghujan datang , maka transpotasi dengan sepeda memang paling smart, karena tidak akan mogok hanya karena banjir.
   Dan mungkin ada kegunaan yang lainnya yang tidak sempat saya sebutkan disini.

Namun dibalik itu semua , ternyata membawa dampak innovasi akan rancang bangun sepeda itu sendiri , sehingga banyak model yang dikeluarkan oleh pabrikkan sepeda , dimana hal tersebut disesuaikan dengan porsi kegunaan , bentuk dan ukuran tubuh pemakainnya , kecepatan , kekuatan, dan lain-lain , yang intinya sepeda juga memiliki nilai gengsi tersendiri  dikarenakan model, bahan atau material yang dipakai untuk membuatnya, sparepart yang dipasangkan , merek akan mempengaruhi harga dan kenyamanan bersepeda. Sehingga jangan heran apabila sepeda yang terbaik akan memiliki nilai atau harga yang bisa setara dengan harga mobil.
Demikian tulisan ini semoga bermanfaat bagi para pembacanya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar