Kamis, 16 Desember 2010

Jika Mobil tahun 2005 keatas tidak boleh minum Premi


Pemangkasan BBM Bersubsidi

Sepertinya pemerintah akan melakukan pengiritan lagi , dengan memangkas BBM bersubsidi  bagi mobil pribadi berplat hitam produksi th 2005 keatas; dan wacana itu rencananya akan digulirkan Juli 2011. Dan jauh hari sebelum pelaksanaannya saja sudah menimbulkan gejolak-gejolak ; apakah itu :
1. Harga mobil bekas tahaun 2005 kebawah naik tajam ; dan tentu saja penjualan mobil baru akan mengalami penurunan.
2. Orang juga mulai mengalihkan menggunakan mobil yang ber cc kecil antara 1000cc sampai dengan 2000cc, karena mobil tersebut masih tergolong irit dalam minum BBM.
3. Orang juga akan mengalihkan pembelian mobil ke pembelian motor, akibatnya penjualan motor akan naik.
4. Membayangkan proses pelaksanaannya yang pasti akan sangat meribetkan, bikin susah , dimana tiap beli BBM di pom bensin maka harus memeriksa STNK mobil segala, sedang hanya melihat saja petugas POM belum tentu akan tahu pasti mobil itu keluaran tahun berapa.
5. Dibenak pikiranku akan banyak pula tindakan tipu-tipu, main mata, suap-menyuap, dan kebohongan-kebohongan yang akan terjadi disektor tatalaksana perniagaan BBM.

Terkadang aku berfikir sambil ngelus dada tiada henti.....; mengapa dinegeriku yang kaya akan minyak buminya ini , masalah BBM tetap jadi hal yang memberatkan....; harganya mahal , mutunya gak bagus , stocknya sedikit , dan terus  mesti ada subsidinya dari pemerintah....., dimana subsidi itu harusnya untuk rakyat kecil , tapi mengapa malah mereka yang kaya, yang bermobil yang menikmatinya.....???

Kayaknya perlu pengaturan yang efisien sehingga semua rakyat bisa menikmati BBM itu dengan semestinya, dan dipandanganku terbersit pemberian kupon bagi tiap kepala keluarga untuk ditukar dengan BBM bersubsidi , dimana dipatok  misal satu Kepala Keluarga dapat 50 liter , bila mereka melebihi menggunakannya, maka kelebihan itu dikenakan harga normal atau non subsidi. Itu hanya sekilas pemikiran, mungkin ada cara yang lebih baik daripada itu...., silahkan kita sharing disini....

Demikian tulisanku ini semoga bermanfaat....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar